bencana alam Indonesia

Daerah ring of fire atau cincin api berbentuk seperti tapal kuda yang mencakup wilayah sepanjang 40.000 km. Daerah cincin api tersebut juga sering disebut sabuk gempa Pasifik. Daerah tersebut ada di sepanjang Chile di Belahan Bumi Barat (Western Hemisphere) sampai ke Jepang dan juga Asia Tenggara. Indonesia menjadi salah satu negara yang ada di dalam wilayah cincin api. Ada beberapa dampak ring of fire bagi Indonesia yang perlu Anda ketahui.

Bagaimana terbentuknya ring of fire?

Perlu kita ketahui bersama bahwa bentuk permukaan bumi terdiri dari rangkaian-rangkaian lempeng tektonik yang memiliki tebal sekitar 80 km. Lempeng-lempeng itu akan terus bergerak dengan kecepatan 1 – 10 cm setiap tahunnya. Selain itu, pembentukan kerak bumi di bawah laut juga akan terus terjadi. Hal ini disebabkan adanya lava yang keluar dari gunung berapi bawah laut yang kemudian bertemu dengan air laut sehingga akan mengeras.

Semua lempeng bumi akan bergerak guna memberikan ruang kerak bumi yang terbentuk di dasar laut tersebut. Ketika lempeng bumi bergerak maka akan terjadi aktivitas geologis pada tepian lempeng. Akibat adanya pergesekan dari lempeng-lempeng tektonik tersebutlah ring of fire terbentuk.

Apa dampak ring of fire bagi Indonesia?

Kebanyakan bencana alam Indonesia seperti gempa bumi dan juga sekitar 75% dari seluruh gunung berapi terjadi di dalam ring of fire. Hal inilah yang menyebabkan Indonesia menjadi salah satu negara yang paling rawan terjadi bencana alam.

Indonesia mempunyai 130 gunung berapi dan 17 di antaranya adalah gunung aktif. Secara histografi, Indonesia adalah wilayah yang sering mengalami gempa bumi serta tsunami. Pada tahun 1883, Gunung Krakatau pernah meletus dan menimbulkan tsunami besar. Setelah itu, setidaknya terjadi 17 bencana tsunami besar di Indonesia antara tahun 1900 hingga 1996. Ditambah lagi bencana tsunami yang terjadi di Aceh pada tahun 2004.

Beberapa wilayah di Indonesia menjadi titik rawan terjadinya bencana gempa bumi, letusan gunung berapi, tsunami dan banjir. Indonesia merupakan wilayah yang dikelilingi oleh 3 lempeng, yakni lempeng Indo-Australia, lempeng Pasifik dan lempeng Eurasia. Ketiga lempeng bisa bergeser dan patah sewaktu-waktu sehingga dapat menimbulkan bencana gempa bumi.

Itulah beberapa dampak ring of fire bagi Indonesia yang perlu Anda ketahui. Ring of fire menjadi salah satu penyebab terjadinya bencana alam Indonesia, terutama gempa bumi.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.