Para developer aplikasi dan juga perusahaan perusahaan teknologi saat ini berlomba lomba untuk membuat berbagai aplikasi untuk memudahkan pekerjaan manusia, salah sataunya adalah pembuatan sofware akuntansi dan juga kasir.

Seperti diketahui, software akuntansi memudahkan bagi para pemilik bisnis dan juga para akuntan perusahan untuk menyediakan laporan bisnis dalam bentuk data dan juga laporan.

Software akuntansi sangat banyak kegunaannya dan diperlukan untuk berbagai jenis bisnis, baik itu skala kecil ataupun bisnis dalam skala perusahaan.

Adapun, untuk anda yang memiliki sebuah bisnis dan ingin membeli sebuah software akuntansi dan kasir untuk bisnis anda. Ada baiknya memperhatikan beberapa hal berikut sebelum membeli software di Internet.

Software Akuntansi

Sebelum membahas hal lainnya, kita akan membahas terlebih dahulu tentang apa itu software akuntansi dan kasir.

Secara sederhana, software akuntansi adalah sebuah perangkat lunak yang fungsinya adalah untuk mengatur pencatatan transaksi, pelaporan keuangan dan hal lainnya yang berhubungan dengan transaksi keuangan dalam sebuah bisnis ataupun perusahaan.

Dengan adanya software akuntansi, seorang akuntan tidak perlu melakukan pencatatan secara manual terhadap setiap transaksi yang terjadi dalam setiap perusahaan.

Semua akan berjalan dengan otomatis. Anda hanya harus mengerti bagaimana sistem akuntansi berjalan dan melakukan pengecekan terhadap setiap inputan yang ada.

Cara Memilih Software Akuntansi Terbaik

  1. Sesuaikan Dengan Bisnis

Salah satu hal yang harus diperhatikan sebelum membeli softaware akuntansi adalah mengetahui terlebih dahulu jenis bisnis yang sedang atau akan anda geluti. Dengan seperti itu nantinya anda akan lebih gampang untuk memilih aplikasi yang sesuai.

Ini dikarenakan, setiap jenis software biasanya memiliki fitur yang berbeda dan terkadang ada yang dikhususkan untuk jenis bisnis tertentu.

Jadi, anda harus memastikan bahwa software yang anda beli nantinya bisa dijalankan di bisnis anda. Jangan sampai anda membeli software mahal namun ujungnya nanti malah tidak terpakai. Sayang kan?.

  1. Lihat Software Akuntansi yang Ada

Terkadang seseoranga ingin melakukan upgrade software akuntansi ke sistem yang lebih besar dikarenakan bisnis yang  semakin berkembang dan juga kompleks.

Nah, agar data transaksi dari software sebelumnya masih bisa terpakai, ada baiknya anda mengecek kompabilitas dari software tersebut dengan software baru yang ingin anda beli.

Biasanya beberapa software akuntansi memiliki integrasi khusus dengan software lain ataupun aplikasi aplikasi tertentu seperti misalnya marketplace.

  1. Lihat Sumber Daya

Sebelum menggunakan software akuntansi, anda juga harus memastikan bahwa anda memiliki sumber daya manusia yang mampu mengoperasikan software tersebut dengan baik.

Jangan sampai anda sudah beli software mahal namun karyawan tidak ada yang mengerti cara penggunaan software akuntansi tersebut, kan sayang.

Adapun, jika anda atau tim anda benar benar tidak paham cara menggunakan aplikasi akuntansi biasanya pihak developer akan menyediakan tutorial khusus bagi para pembeli aplikasinya. Ini tentunya akan memudahkan anda untuk mempelajari sistem tersebut secara sistematis.

Nah, jika anda sedang mencari dan ingin menggunakan software akuntasi tidak ada salahnya menggunakan aplikasi keluaran Olsera. Olsera adalah salah satu perusahaan penyedia software akuntansi terkemuka di Indonesia.

Saat ini olsera telah membantu ribuan UMKM dan para pelaku bisnis mengembangkan usahanya. Dengan olsera diharapkan bisnis dapat berkembang bersama-sama ditengah kemajuan teknologi seperti sekarang ini. Jika anda ingin mencoba menggunakan olsera, yuk Daftar sekarang di tautan ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.