Salah satu cabang olahraga yang banyak digemari kaum hawa adalah sepak bola. Permainan ini sangat seru baik sebagai ajang hiburan semata maupun ditekuni secara profesional. Sebagai pemula yang berminat bergelut di cabang olahraga ini Anda perlu memahami teknik dasar sepak bola.

Teknik Dasar Sepak Bola Bagi Pemain Pemula

Bermain sepak bola nyatanya tidak hanya melulu soal terciptanya sebuah gol. Lebih dari itu, seorang pemain terutama pemula harus memahami teknik dasar sepak bola itu sendiri. Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan skill dan berakhir dengan sebuah gol kemenangan. Berikut penjelasannya.

  1. Teknik dasar sepak bola – dribbling

Keterampilan dasar pertama yang harus dilakukan oleh seorang pemain pemula adalah menggiring bola. Gerakan ini menggunakan salah satu kaki bagian luar, dalam, dan punggung kaki pemain. Tujuan teknik ini untuk mendekati sasaran gawang, melewati lawan, hingga melakukan shooting.

  1. Control

Teknik dasar sepak bola selanjutnya adalah menghentikan atau mengontrol bola. Teknik ini dapat dilakukan oleh seluruh anggota badan kecuali bagian lengan hingga tangan. Jika Anda tidak menguasai teknik ini dengan baik, maka penguasaan bola akan direbut oleh tim lawan.

  1. Passing

Teknik mengoper bola ini perlu dikuasai untuk memindahkan bola antar satu pemain ke pemain yang lain dalam satu tim. Teknik passing dalam sepak bola diantaranya umpan pendek, umpan silang, umpan lambung, dan umpan terobosan.

  1. Shooting

Tujuan teknik dasar sepak bola shooting adalah mengarahkan bola ke gawang lawan untuk kemudian melakukan tendangan hingga mencetak gol kemenangan. Semua pemain berhak memiliki kesempatan mencetak sebuah gol termasuk seorang kiper.

  1. Heading

Teknik menyundul bola dengan kepala ini biasanya disertai dengan sebuah lompatan. Tujuannya agar bisa menjangkau bola di udara sehingga bisa mencetak sebuah gol lewat sundulan.

Itulah beberapa teknik dasar sepak bola yang perlu seorang pemain pemula ketahui dan kuasai. Setelah bisa menguasai teknik dasar tersebut, selanjutnya akan dilanjutkankan dengan penguasaan teknik lainnya agar permainan sepak bola semakin profesional.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.